Jejak Gaya Hidup & Teknologi

Membuat Buku Kecil Tentang Penyakit Diare

94

Diare ditandai dengan encernya tinja (feses) yang dikeluarkan atau buang air besar dengan frekuensi lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Pada umumnya, diare terjadi balasan mengonsumsi kuliner atau minuman yang terkotori.

Diare terjadi dikala makanan dan cairan yang dimakan berlalu terlalu cepat dan/atau terlalu besar jumlahnya pada jalan masuk pencernaan (usus). Secara normal, usus besar akan menyerap cairan dari kuliner yang kau makan, dan meninggalkan kotoran (tinja) yang setengah padat. Akan tetapi, dikala cairan dari masakan yang kamu makan tidak diserap, maka akhirnya adalah kotoran (feses) yang cair atau encer.

Penyebab Diare
Penyakit diare mungkin berafiliasi dengan bengkak virus atau bakteri. Penyakit tersebut juga mampu terjadi akibat keracunan makanan. Secara umum penyebab diare antara lain:

  1. Infeksi virus : rotavirus adalah penyebab diare pada anak (akut) yang paling sering.
  2. Infeksi kuman dan benalu: masuk melalui masakan dan minuman yang terkontaminasi.
  3. Intoleransi makanan : terjadi pada sebagian orang yang intoleransi terhadap gula pada susu sehingga diare terjadi sehabis makan/minum produk susu
  4. Alergi makanan : biasanya reaksi negatif terhadap obat-obatan. Banyak obat yang dapat mengakibatkan diare. Biasanya alergi terhadap antibiotik, sementara antibiotik bergotong-royong membantu membunuh bakteri baik dan jahat yang mampu mengganggu keseimbangan basil baik dalam usus.
  5. Penyakit usus : biasanya menimbulkan diare kronis dengan banyak penyebab.
  6. Gangguan usus fungsional (stres)
Read More :  Macam-Macam Gerak Otot Pada Manusia

Gejala Diare
Secara lebih lengkap, tanda dan tanda-tanda yang biasanya menyertai penyakit diare antara lain:

  1. Buang air besar encer dan sering
  2. Kram perut
  3. Nyeri perut
  4. Demam
  5. Darah dalam tinja
  6. Kembung

Jadi, mengapa diare dapat sangat berbahaya?

Sel tubuh membutuhkan air untuk menghasilkan energi, jadi pengaruh utama dari diare yaitu kelemahan fisik. Jika diare berat terjadi maka ancaman yang ditimbulkannya juga akan semakin berat, beberapa organ penting akan mengalami penurunan fungsi mirip otak, jantung, dan ginjal. Organ tersebut sangat berkaitan akrab dengan cairan tubuh, maka tidak jarang pada diare berat sering terjadi penurunan kesadaran,

Buatlah buku kecil yang berisi perihal klarifikasi mengenai diare, kumpulkan info-gosip yang kau dapatkan untuk melengkapi buku kecilmu. Gunakan buku kecilmu sebagai panduan apabila kau mendapat peran untuk menjelaskan tentang gangguan pada organ pencernaan insan.

Buku Kecil Tentang Diare



Diare adalah buang air besar dengan tinja encer atau lembap dengan frekuensi lebih sering dari biasanya (normalnya).

Comments are closed.