Jejak Gaya Hidup & Teknologi

Interaksi Sosial Dalam Pemenuhan Kebutuhan

12

Interaksi sosial yakni relasi timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial merupakan aktivitas-acara yang tampak ketika antarindividu ataupun kelompok-kelompok insan saling bekerjasama. Interaksi sosial terjadi antara dua orang atau lebih. Interaksi sosial mampu terjadi antarindividu, antarkelompok, dan antara individu dengan kelompok. Selain itu, interaksi juga mampu terjadi secara langsung maupun tidak pribadi.

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua kegiatan manusia yang berhubungan dengan orang lain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini mampu terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi alasannya adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di aneka macam bidang mirip berikut.

A. Bidang Ekonomi
Kepentingan ekonomi ialah kepentingan seseorang yang saling bergantung satu sama lain. Hubungannya dalam perdagangan dan kebutuhan pemenuhan makan, sandang, dan papan. Interaksi dalam ekonomi mampu kita jumpai di pasar atau daerah perbelanjaan, di kawasan terjadinya proses interaksi ekonomi.

Selain kepentingan ekonomi dalam bentuk barang, kepentingan ekonomi yang lain terlihat dalam bentuk jasa. Misalnya, banyaknya organisasi yang memberikan jasa kepada masyarakat umum, mirip lembaga belajar, bank, rumah sakit, event organizer, jasa paket atau kurir, sampai jasa basuh.

Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi. Secara umum, interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antara dua individu atau antara individu dengan forum yang menggunakan proses transaksi uang. Beberepa teladan interaksi dalam bidang ekonomi antara lain :

  1. Bertemunya pedagang dan pembeli di pasar.
  2. Proses penyelenggaraan bimbingan belajar dan belajar khusus
  3. Petani menjual hasil pertanian di pasar.
  4. Sales menunjukkan barang dagangannya kepada calon pelanggan.
  5. Developer memberikan produk perumahan kepada masyarakat.
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelom Interaksi Sosial Dalam Pemenuhan Kebutuhan

B. Bidang Politik
Jenis kepentingan ini dipakai oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan dan pertahanan. Kepentingan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan janji untuk menjalankan negara. Beberapa teladan interaksi sosial bidang politik antara lain sebagai berikut.

  1. Pemungutan Suara Pileg, Pilpres, dan Pilkada.
  2. Pemilihan ketua kelas dan Ketua Osis.
  3. Pelaksanaan Kampanye Pilpres, Pilkada, dan Pileg.
  4. Sidang pleno anggota MPR dan DPR
  5. Pemilihan Kepala Desa.
Read More :  Mengidentifikasi Korelasi Insan Dan Lingkungan

C. Bidang Sosial dan Budaya
Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin menerima kawasan atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menyebabkan interaksi dalam masyarakat sebab kedudukan seseorang ditentukan oleh pengesahan masyarakat sekitarnya. Makara, mencari kedudukan tanpa pengukuhan masyarakat sangat mustahil terjadi.

Sementara itu, kepentingan bidang budaya berkaitan dengan acuan-contoh sikap, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan bebuyutan dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi imbas budaya yang satu ke budaya yang lain. Beberapa contoh interaksi bidang budaya antara lain :

  1. Menampilkan kesenian dari kawasan lain pada acara pentas seni.
  2. Berteman dengan sobat yang berasal dari daerah dan suku yang berbeda.
  3. Berkunjung ke tempat lain untuk mempelajari kebudayaan daerah tersebut.
  4. Gotong royong dan bekerja sama menolong korban bencana
  5. Melakukan studi banding mengamati kehidupan masyarakat Kampung Naga.

D. Bidang Moral
Kepentingan etika, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu. Situasi yang demikian menggugah para pemerhati sosial untuk menggalang aktivitas budbahasa supaya mutu masyarakat meningkat.

Read More :  Menjelaskan Kesimpulan Isi Iklan Media Cetak.

Contoh kepentingan adab, adalah siar agama, training keterampilan masyarakat, dan training masyarakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah tersebut timbul untuk maju bersama dengan masyarakat di wilayah lain dalam membangun bangsa. Beberapa contoh interaksi di bidang moral antara lain :

  1. Mengikuti pengajian-pengajian di lingkungan sekitar.
  2. Mengikuti penyuluhan ihwal penyalahgunaan Narkotika.
  3. Mengikuti acara latihan pramuka.
  4. Mengikuti penyuluhan wacana pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa.
  5. Mengikuti penyuluhan perihal pemberian anak dan wanita

Gotong royong memiliki arti penting dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan serta meningkatkan solidaritas dan rasa kekeluargaan dengan sesama. Oleh alasannya itu, bersama-sama menjadi tanggung jawab setiap warga masyarakat.

Interaksi dalam banyak sekali bidang tersebut. secara otomatis akan memengaruhi pembangunan di bidang-bidang yang bersangkutan, baik ekonomi, politik, sosial budaya, maupun watak. Tentu saja yang diperlukan interaksi tersebut mampu membawa pembangunan yang bersifat kemajuan daripada kemunduran.

Ayo Menulis
Cobalah tuliskan bentuk interaksimu dalam kolom berikut.

Bentuk Interaksi yang Pernah Saya Lakukan
Bidang Ekonomi Bidang Politik Bidang Sosial dan Budaya Bidang Moral
Membeli buku dan alat sekolah di toko Ikut menentukan ketua dan wakil ketua kelas Menonton pertunjukan tari dari kawasan lain Ikut mengaji di musholla erat rumah
Membeli jajanan di kantin sekolah Melihat pemilihan ketua RW Ikut kerja bhakti membersihkan lingkungan Mengikuti Pelajaran Agama di sekolah
Membeli sayuran di warung Melihat pemilu presiden dan Pileg Mempelajari tarian daerah Jawa Barat Mengikuti penyuluhan wacana hidup sehat
Bersama sahabat menjual barang di koperasi sekolah Ikut menentukan ketua dan wakil ketua kelas Berteman dengan sahabat beda suku Mengikuti penyuluhan wacana Wajib Belajar
Membeli baju di toko pakaian Menyaksikan pemilihan kepala desa Menyanyikan lagu dari kawasan lain Mendengarkan ceramah ihwal pemikiran agama
Read More :  Laporan Percobaan Pembuatan Larutan Oralit

Comments are closed.